Berita

Untitled Document

BERSAMA MEMBANGUN GIZI MENUJU BANGSA SEHAT BERPRESTASI DENGAN GEMARI (GERAKAN MAKAN IKAN SEJAK DINI

25 Januari 2019

Arah pembangunan kesehatan saat ini dititik beratkan pada upaya promotif preventif yang dinilai dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih luas dan lebih efisien dari sisi ekonomi. Sebagai investasi utama pengembangan sumberdaya manusia, pembangunan kesehatan yang berkelanjutan mutlak diperlukan, dimana salah satu komponen utamanya adaIah melalui perbaikan gizi masyarakat, terutama pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Berbagai permasalahan gizi saat ini baik gizi kurang termasuk stunting dan gizi lebih, terjadi hampir di seluruh strata ekonomi masyarakat baik di pedesaan maupun perkotaan. Hal ini menunjukkan bahwa yang mendasari terjadinya masalah gizi tersebut bukan hanya kemiskinan, namun juga kurangnya pengetahuan masyarakat akan pola hidup sehat dan pemenuhan gizi yang optimal.

Oleh karena itu nutrition education sangat perlu diberikan sejak dini. Sebagai upaya menanamkan kesadaran pentingnya mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang maka dalam rangka menyambut peringatan Hari Gizi Nasional SD Al Muslim bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair khususnya Departemen Gizi memberikan edukasi pentingnya mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang pada Rabu, 23 Januari 2019.

Dengan mengangkat tema Bersama Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi dengan GEMARI (Gerakan Makan Ikan Sejak Dini) diharapkan seluruh siswa SD Al Muslim khususnya dan seluruh anak-anak Indonesia menyadari pentingnya mengkonsumsi ikan setiap hari sebagi pemenuhan gizi dalam masa pertumbuhannya.

Kegiatan yang berlangsung dari 07.30-11.30 ini diikuti oleh 800 siswa dan 75 guru yang masing-masing membawa bekal 4 sehat 5 sempurna dengan menu berbahan ikan atau olahan ikan pada Rabu, 23 Januari 2019. Bukan hanya itu, dalam kegiatan ini pun diadakan lomba membuat kreasi makanan 4 sehat 5 sempurna dengan menu berbahan ikan atau olahan ikan yang kemudian diupload dengan hastag (#): #hgn2019 #gemarmakanikan #gizifkmunair dengan batas akhir penguploadan pada hari Selasa, 22 Januari 2019. Dari kreasi yang dikirim akan dipilih pemenang 1, 2, 3 dan berhak mendapakan hadiah berupa piala. Kegiatan ini diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test guna mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang terutama dalam mengkonsumsi ikan.

Sarapan bersama dengan menu ikan dilakukan sebelum memulai acara. Diawali dengan penjelasan pentingnya menjaga kesehatan gigi yang disampaikan oleh Rumah Sakit PHC menjadi pemantik rasa ingin tahu siswa mengapa harus menjaga kesehatan gigi dan mulut, makanan bergizi apa yang harus dikonsumsi agar gigi dan mulut tetap sehat.

Game yang dipandu mahasiswa FKM UNAIR dan materi yang disampaikan oleh Bu Triska dari FKM UNAIR benar-benar menggugah rasa ingin tahu dan penasaran siswa. Pun demikian dengan storry telling yang disampaikan oleh bu Qonita dari FKM UNAIR ini juga membuat siswa semangat dan memicu rasa ingin tahu mereka tentang mengapa harus mengkonsumsi ikan setiap hari minimal sekali. Suasana menjadi lebih seru saat beberapa doorprize diberikan kepada mereka yang bisa menjawab pertanyaan yang disampaikan atau berani menyampaikan pengalamannya dalam mengkonsumsi ikan atau membuat kreasi bersama orang tua di rumah.

Puncak dari kegiatan ini adalah penandatanganan petisi yang masing-masing siswa diberikan kebesan memilih bagaimana cara mereka dalam menyampaikan dukungan/pernyatannya. Mereka bisa membubuhkan tandatangan maupun membuat cap telapak tangan sebagai bukti dukungan mereka atas diri sendiri menjaga kesehatan dan keseimbangan makanan yang dikonsumsinya terutama mengkonsumsi ikan.

"Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR khususnya Departemen Gizi yang pada kali ini diwakili oleh Bapak Trias, Ibu Triska, dan Ibu Qonita, serta ucapan terimakasih kami untuk Rumah Sakit PHC yang telah hadir dalam kegiatan yang kami gelar. Semoga melalui kegiatan peringatan hari gizi ini anak-anak akan sadar pentingnya mengkonsumsi ikan bagi kesehatan dan pertumbuhannya." Tutur ustadzah Ummul Jazilah, S.Ag. Kepala SD Al Muslim yang mengikuti kegiatan ini mulai dari awal hingga akhir. (ustadzah zaim)